Pengajuan KPR Syariah Muamalat

Dari baca-baca beberapa literatur (terutama www.perencanakeuangan.com), kami jadi mantap untuk membeli rumah tahun ini juga, tidak perlu nunggu duit terkumpul segunung. Memang sih, prosesnya enggak sesederhana dan secepat membalik telapak tangan, tetapi meski tidak berduit banyak, Allah masih mengizinkan saya untuk mencoba “berhutang”:) Yang jelas, hutang dihalalkan dalam Islam, dan saya yakin benar dengan sebuah hadits (saya lupa matan-nya) yang menjelaskan bahwa Allah akan membantu para hamba-Nya yang berhutang selama hamba tsb benar-benar berniat hendak membayar hutang. Dilihat dari nominal kredit yang cukup besar, saya pun mantap 100% ambil KPR (Kredit Perumahan Rakyat?), enggak pinjam ke teman/saudara. Meski jelas ada selisih, tapi saya tidak perlu ambil resiko terhadap tali silaturrahim yang telah terjalin. Bahkan, saya juga langsung mantap ambil KPR di bank syariah. Dan oleh karena sharing tt KPR syariah di internet tidak begitu banyak, bolehlah sekarang saya ikut berbagi cerita :)

Mengapa KPR di Bank Syariah?
Setelah sedikit survai di internet tentang perbedaan skema KPR konvensional dan KPR syariah, tentu kita semua akan mendapati bahwa jenis “rate” KPR sangat beragam; ada istilah flat, efektif, p.a dsb. Bagi saya sih kita cukup tahu saja, tak perlu berpusing-pusing ria. Intinya, rate KPR syariah memang berkisar antara 7,5% – 10%, sedangkan rate KPR konvensional 14%-19%. Apakah KPR syariah jauh lebih murah? Oh, belum tentu. Rumus perhitungan rate ada sendiri, dan cukup jadi pedoman konversi (lagi-lagi dari hasil baca2 di internet), besar angsuran 8% KPR syariah ekivalen dengan 14,5%-14,7% KPR konvensional. Dan sekali lagi, “penemuan” ini pun tidak perlu menyurutkan niat kita untuk ambil KPR syariah. Bagi kita sebagai muslim, AQAD itu jauh lebih penting; aqad kemitraan di bank syariah jelas halalnya, sedangkan aqad hutang berbunga di bank konvensional jelas ribanya.

“Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” (Al-Baqarah: 275)

Bagaimana prosedur KPR syariah dan berapa lama?
Karena keterbatasan waktu, saya cuma sempat survai ke dua bank syariah.

Ditilik dari syarat2 aplikasi, keduanya mirip lah. Syarat yang utama -karena saya & suami sama-sama pegawai swasta, bukan wirausahawan-:
– surat keterangan bekerja dari instansi
– NPWP, slip gaji suami& istri (jika sudah menikah)
– (jika sudah menikah) Kartu Keluarga, dan KTP suami&istri sesuai KK
– rekening koran/copy mutasi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir (di bank manapun)
– surat2 legal tt rumah dari penjual: copy IMB, PBB, dan SHM/HGB
(apa lagi ya? Mohon dicek sendiri)

Perlu dipahami, bahwa di instansi manapun, orang-orang di bagian marketing akan sangat ramah melayani calon nasabah, sehingga kita tidak perlu “rikuh” untuk bertanya apapun. Kalau boleh saran, agar pembicaraan efektif, bawalah catatan pertanyaan sebelum bertemu mereka, yang meliputi -tapi tidak terbatas pada-:
1. Detail syarat2 yang harus dipenuhi; syukur2 jika ada syarat2 yang bersifat opsional(ditawar) hehe
2. Rincian angsuran per bulan. Sedapat mungkin, mintalah brosur berisi matriks jumlah pinjaman dan lama pelunasan. Jadi bisa dibanding-bandingkan antar bank :) Oya, perlu diketahui rate KPR syariah berubah setiap bulan lho; dan saat ini tren-nya menurun.
3. Skema pelunasan: bisa lunas sebagian atau harus keseluruhan, dsb. Sebagai info, Muamalat hanya menyediakan fitur pelunasan keseluruhan. Jangan khawatir; yang dilunasi adalah sisa pokok kredit, bukan seluruh sisa kredit (pokok+margin).
4. Skema sanksi jika suatu saat kita telat bayar. Sebagai info, Muamalat memberi denda 300-400 rupiah per hari keterlambatan; dan denda tidak masuk ke kas bank.
5 Biaya pengurusan KPR dan lain-lain. Alhamdulillah, staf di Muamalat cukup transparan dalam menjawab pertanyaan, jadi kami bisa siapkan di awal.

Sejak awal, staf di bank bilang ke kami bahwa jawaban dari aplikasi cuma butuh 3-5 hari; itu mencakup waktu untuk pemeriksaan dokumen2 kami, survai rumah, cek surat2 rumah, dsb. Tapi dari pengalaman riil, KPR kami butuh 3,5 minggu sampai disetujui. Koq lama banget? Ya, karena tak sengaja timbul masalah:

1. Kesalahpahaman data (4 hari kerja). Sengaja saya telpon langsung agar ada kejelasan;alhamdulillah selesai jua.

2. Staf yang mengurus kami sakit dan masuk RS (1 minggu). Sengaja kami tunggu agar staf tsb sembuh, daripada repot harus ngurus KPR dari awal ke bank lain.

Jadi, silakan hitung sendiri kecepatan pemrosesan KPR kami:) Saran saya, sering-seringlah cek ke bank tentang progres aplikasi kita; toh 1 pegawai khan ga hanya ngurus kita thok, jadi bertanya lebih baik daripada menunggu :)

Apa saja biaya yang keluar selama jual beli rumah via KPR?
Biayanya terbagi dua macam: (A) biaya untuk urusan jual beli dan (B) biaya administrasi KPR.

A. Biaya untuk jual beli mencakup (selain harga jual rumah yang disepakati pembeli+penjual :) adalah:
1. pajak penjual (ditanggung penjual) dan pajak pembeli (ditanggung pembeli). Besarnya 5% dari (Harga jual – NJO Tidak Kena Pajak). Biaya ini bisa dibayar via bank; tapi agar lebih praktis, kami minta bantuan notaris; toh ga ada selisih :)
2. biaya AJB (akad jual beli). Pengalaman, kami mengeluarkan duit 1 juta rupiah (ditanggung sama rata dengan penjual)
3. biaya balik nama SHM ke pembeli. Sekadar info, biaya ini disesuaikan dengan tarif dari notaris. Di tempat saya, sekitar 1 jutaan.

Untuk mengetahui nominal biaya (a), (b), (c), boleh lho tanya ke notaris.
Setelah urusan AJB kami dengan penjual selesai, notaris memberikan surat pengantar (istilahnya “cover note”) ke bank. Setelah sampai di Muamalat, kami juga ketemu dengan notaris lagi (tapi beda orangnya lho). Notaris kedua ini bertanggung jawab atas “pengikatan kredit” antara kami dan bank.

B. Biaya administrasi di bank

Setelah proses pengikatan selesai (cuma bbrp menit), dana pun cair deh. Nah, untuk biaya administrasi di Muamalat -sesuai pengalaman kami- hampir 2 jutaan dengan rincian sbb (dibulatkan):
1. biaya administrasi bank: 750.000
2. biaya notaris bank: 700.000
3. premi sekaligus untuk asuransi jiwa (jadi hutang ga akan ditimpakan anak cucu jika terjadi sesuatu): 150.000
4. premi sekaligus untuk asuransi kebakaran rumah: 150.000

Plus tambahan, bank meminta ada saldo mengendap di rekening sebesar 1X angsuran.

Ada pertanyaan? Silakan hubungi bank syariah terdekat :) Saya hanya seorang nasabah, dan yang saya tulis ini adalah sebatas pengalaman saya (itupun cuma 1X); saya jujur ga tahu persis gimana proses step-by-step dalam versi bank. Afwan ya… Selamat berburu rumah! :)

Berhubung ada pertanyaan tentang jumlah biaya administrasi poin (A), maka saya cuma bisa sampaikan beberapa hal:

– besaran pajak & honor notaris tergantung dari harga jual properti & kesepakatan dgn notaris/PPAT.

– sbg contoh: khusus untuk A.1, karena rumah yang kami beli tergolong sederhana di kota Yogyakarta (bukan rumah mewah), pajak yang harus kami bayar (disebut juga BPHTB) adalah sekitar 2,5 juta. Kalau harga rumah semakin besar, tentu pajaknya semakin besar. Jadi, untuk seluruh biaya pada poin (A), kami mengeluarkan hampir 5 juta.

Dan untuk premi2 asuransi di bank, setahu saya, itu tergantung dari jumlah pinjaman & lama pinjam. Tapi selisihnya kurang signifikan (kurang dari 200 ribuan).

Berhubung ada beberapa netter yang menanyakan marketing BMI, dan meskipun saya juga bukan pegawai BMI serta blog saya ini TIDAK berafiliasi dengan BMI, izinkan saya menambahkan link untuk mencari kantor cabang/gerai/kantor cabang pembantu/kantor kas/unit pelayanan BMI di seluruh Indonesia, yakni di: http://www.muamalatbank.com/index.php/home/jaringan/kantor_kas. Cuma sayangnya, ga nomor telponnya :)

Trik cepat mendapatkan jodoh

Begini ceritanya saudara-saudari, beberapa hari ini q bertemu dengan temenku, dia belum menikah sedangkan usianya sudah hampir 30 tahun. Aku faham bahwa seratus persen jodoh ada ditangan tuhan, namun demikian bukankah kita sebagai umat manusia wajib untuk berusaha untuk mendapatkanya?

Menurutku, ada beberapa point yang harus sobat-sobat khusunya yang belum menemukan jodoh perhatikan :

Pertama : Belajar memahami.

Yah… belajar memahami diri kita sendiri terlebih dahulu, jodoh seperti apa yang kita cari, lho kok bisa? Begini ceritanya : ada kecenderungan jodoh yang kita dapat sesuai dengan apa yang kita senangi atau kebiasaan kita. Sebagai contoh: a) seorang yang taat beragama akan mengidam-idamkan jodoh yang taat beragama pula. b) seorang yang berprofesi di kesehatan lebih memilih pasangan dalam hidupnya yang mempunyai perilaku baik dalam kesehatan (tidak merokok misalnya). Dari pemahaman diri tersebut maka semakin mudah kita memetakan jodoh kita kelak. Pingin dapat jodoh sholeh atau shalihah? So sepatutnya selagi masih bujang jangan suka berbuat maksiat dunk, “begitu maksud penulis.

Kedua: Belajar memperhatikan.

Ada kecenderungan seseorang bersifat egois, suka diperhatikan namun kurang suka diperhatikan. Begini ceritanya: Mana bisa seseorang memperhatikan kita bila kita tidak mau atau enggak terhadap orang lain? Selayaknyalah bila kita memberi perhatian pada orang lain secara proporsional (tidak lebih dan tidak kurang). Mengapa harus belajar memperhatikan? Jangan beranggapan rugi bila member perhatian pada orang lain, bisa jadi salah satu dari rekan, sobat, tetangga yang kita perhatikan suatu saat akan merekomendasikan kita pada seseorang yang kelak akan menjadi jodoh.

Sehingga belajar memperhatikan seseorang (peka terhadap lingkungan sekitar) hendaknya kita jalankan walaupun tidak hal tersebut tidak senantiasa berkaitan dengan jodoh.

Ketiga: Belajar mendengarkan.

Tidak sedikit dari seseorang malas mendengarkan keluhan dari orang lain, mereka lebih suka bercerita daripada mendengarkan. Ingatlah sobat! Mendengarkan cerita orang lain itu membosankan. So tidak menutup kemungkinan seseorang merasa bosan mendengar cerita sobat. Terus bagaimana dunk? Arahkan komunikasi menjadi komunikasi dua arah, saling mengisi. Tidak ada salahnya sobat belajar mendengarkan cerita atau keluhan orang lain (orang seperti inilah yang biasanya memiliki banyak teman) J dan dekat jodoh tentunya😀

Keempat: Belajar menerima apa adanya.

Menerima apa adanya yang penulis maksud adalah menerima apa adanya akan kondisi maupun status dari sobat-sobat kita. Siapapun mereka, apapun pekerjaannya, statusnya… dst dsb etc. terimalah merika menjadi teman sepenuh hati, jangan pernah membeda-bedakan mereka. Hal ini tidak bermaksud kita harus menuruti apapun kemaun mereka, namun tidak lebih dari melihat mereka adalah makhluk tuhan yang wajib di hormati.

Adapun implikasi untuk urusan jodoh : sebelum melakukan pendekatan timbang dulu untung ruginya, bila sudah “clik” lakukan pendekatan, jika sudah jadian terimalah dia apa adanya, bukankah tidak ada seorangpun yang sempurna dimuka bumi ini!

Kelima: Belajar mempertahankan.

Mencari lebih mudah daripada mempertahankan (adakalanya demikian), mencari temen gampang, kasih uang ajak bersenang-senang maka jadilah dia teman. Namun mempertahankan tidaklah mudah. Mempertahankan persahabatan butuh kesabaran.

Implikasi untuk jodoh: pertahankan pasangan anda sebaik-baiknya karena bisa jadi dia adalah yang terbaik untuk anda. Red(bukankah sebelum jadian anda sudah memperhitungkan untung dan ruginya?)

Semoga artikel tersebut bermanfaat. Amin

Trik membeli rumah bekas dengan cara KPR

Cepat memiliki rumah adalah idaman bagi pasangan muda, banyak hal yang melatar belakangi sesorang orang sulit memiliki rumah, salah satunya adalah besarnya tabungan.  Pertanyaannya adalah bagaimana cara seorang “karyawan” memiliki rumah bila tabungannya kecil atau sama sekali tidak memiliki tabungan? salah satunya adalah dengan cara KPR :)
Begini langkah2nya :)

Misalnya, bila anda or sampeyan or ente or panjenengan tidak memiliki tabungan sama sekali

Langkah ke 1 : Cari lokasi rumah

1. Cari rumah second or bekas yang harganya terjangkau
2. Cari empunya rumah or pemiliki rumah, negosiasi harga trus negosiasi cara pembayaran… apakah bisa di KPR kan? bila tidak bisa di KPR kan? tinggalkan saja cari yang boleh di KPR kan.
3.  Apakah rumah yang akan di beli memiliki surat2 lengkap, bila tidak? tinggalkan

Langkah ke 2 : Penuhi persyaratan  individu

1. Siapkan slip gaji (bisa di mark-up) asal harus di kondisikan dengan teman kerja or pimpinan. Biasanya pihak Bank hanya menyetujui 30% – 40% dari besarnya gaji. Upss hampir lupa…. itu di analogikan bila andan or sampeyan or ente or panjenengan tidak memiliki hutang di tempat lain (yg dapat terdeteksi di BI). misal: cicilan kendaraan, kartu kredit dll dst etc

2. Siapkan identitas diri, KTP, KK, (persyaratan bank)

3. Siapkan surat keterangan karyawan. Bank hanya akan menyetujui bila saudara, sampeyan or ente telah bekerja pada perusahaan lebih dari dua tahun. bila masa kerja kurang dari dua tahun? jangan panik :) , minta si boss or juragan or manager  untuk membuatkan surat keterangan bahwa anda telah bekerja lebih dua tahun, misal : masa kerja 3 or 4 tahun.

Langkah ke 3: Bank

1. Bank akan menyetujui KPR anda bila, besarnya DP or uang muka anda 20% dari dari harga rumah, lho tadi katanya untuk yang tidak punya DP? sabar-sabar :) , dalam hal ini harus ada kedekatan antara penjual dan pembeli, kita dapat melakukan kong kali kong (bukan king kong lho) or  konspirasi dengan pihak penjual bahwa kita telah membayar sebesar 20% sebagai DP.

lho terus, gimana bayarnya 20% nya bila nantinya di ACC ama Bank?, begini sobat,  misalnya harga rumah 80 juta, dalam pengajuan kredit kita mengajukan pinjaman 90 jt, dengan klausal bahwa harga rumah sebesar 120 jt. dengan demikian seakan2 pembeli telah membayar penjual or memberi DP sebesar 30 jt.

Dengan demikian bila di ACC Bank sebesar 90 jt, kita akan mendapatkan kelebihan bayar dari bank sebesar 10jt? kelebihan bayar?, iya. kan rumah harga 80 jt kemudian kita ngajukan 90 jt, berarti bank mencairkan dana sebesar 90 juta ke penjual. so uang selisih tersebut akan kita minta ke penjual (bukannya dari awal sudah ada konsipirasi).

langkah ke 4: Realisasi bank

Uang kembalian 10 juta penjual dapat digunakan untuk realisasi bank, yang besarnya sekitar 6-8 jt. tergantung dari nilai NJOP dll dsb etc.

setelah itu, rumah yang anda idam2kan sudah anda dapatkan… bayar bulanan untuk kreditnya? itu sampeyan or anda or panjenengan pikir sendiri ya hehehehe

====== bentar2 hampir lupa=== masih ada yang perlu di ingat!!!!===

1. Saat appresial (pihak bank melihat kelayakan rumah), jangan lupa di temenin ya, yah buatin jamuan kecil2an lah… kl dia merokok beliin rokok, minum es teh, makanan ringan, kl terpaksa sedikit di kasih sangu or diamplopin agar memudahkan urusan tersebut :) .

2. Jangan lupa,  print or cetak semua dokumen pribadi ( slip gaji, surat keterangan kerja) kemudian taruh di kantor sehingga bila pihak bank nantinya melakukan verifikasi data anda pihak perusahaan tidak kelabakan. (bila datanya hasil mark up)

3. Bila mengajukan KPR jangan hanya ke satu Bank ya, langsung aja ke 3 bank, misalnya : BNI, Mandiri syariah, dan BTN. bila salah satu gagal  masih ada yang laennya. or bila salah satu dah berhasil maka yang laen di gagalkan :)

Sobat demikian yang dapat saya informasikan, bila ada yang salah mohon koreksinya ya sob.

 

10 Cara Meningkatkan Percaya Diri dan Penghargaan Terhadap Diri

Bisa menghargai diri adalah langkah awal bagi kita untuk memupuk rasa percaya diri. Penghargaan diri sendiri yang rendah dapat membuat kita tidak percaya diri, merasa diri kita kecil, dan seumur hidup kita diliputi oleh rasa takut terhadap sesuatu. Berikut ini adalah 10 cara untuk meningkatkan percaya diri dan penghargaan terhadap diri:

1. Menerima diri sendiri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Inilah yang harus kita terima untuk bisa menghargai diri sendiri. Fokuslah pada apa yang menjadi kelebihanmu sekaligus berusaha memperbaiki kekurangan yang ada. Selain itu, manusia harus bisa berteman baik dengan ketidaksempurnaan. Lihatlah dan cintailah ketidaksempurnaanmu secara sempurna. Contoh: daripada terus mengeluh karena memiliki tubuh yang tidak sempurna, wajah yang tidak tampan, atau keluarga yang tidak utuh, manfaatkan waktu kita untuk berusaha menjadi orang sukses dan buktikan pada dunia bahwa ketidaksempurnaan adalah kekuatan.

2. Tubuh sehat – Jiwa sehat

Sebuah kutipan Latin yang terkenal berkata, “Mens sana in corpore sano”, yang berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.” Hargailah tubuhmu dengan rajin berolahraga dan makan-makanan sehat. Dengan memiliki tubuh yang sehat kamu dapat berpikir dengan jernih, dapat membuat keputusan dengan baik, dan membuatmu merasa lebih hidup.

3. Jadilah seperti yang kamu inginkan

Pikirkanlah sejak awal tentang cita-cita dan masa depanmu. Banyak orang hidup dengan berharap sesuatu akan datang begitu saja dan akhirnya mereka tidak mendapatkan apa-apa. Ubahlah pola pikir seperti ini dengan berusaha menjadi seperti yang kamu inginkan dan melakukan segala hal yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

4. Tidak memperdulikan perkataan negatif dari orang lain

Dalam hidup kamu akan sering sekali mendengar perkataan negatif dari orang lain. Apalagi, ketika kamu melakukan atau mengerjakan sesuatu yang tidak lazim dilakukan oleh orang lain, mereka akan sering menghina dan mengejekmu. Saat kamu mendengarkan perkataan-perkataan negatif itu, maka kepercayaan dirimu sedikit demi sedikit akan hilang dan akhirnya kamu merasa dirimu tidak berharga. Jika kamu meyakini apa yang kamu lakukan benar, tidak usah dengarkan mereka, lakukanlah!

5. Peka terhadap kritik yang membangun

Perkataan negatif tidak sama dengan kritik. Perkataan negatif memiliki tujuan untuk menghina dan menjatuhkan, sedangkan kritik memiliki tujuan untuk membuatmu semakin berkembang. Ketika kamu menerima sebuah kritik, nilailah kritik itu. Apabila kamu merasa kritik tersebut berguna, maka gunakanlah itu sebagai sesuatu untuk mengembangkan dirimu lebih jauh lagi.

6. Mulailah dari hal yang kecil

Memulai suatu perubahan yang signifikan atau memulai suatu tujuan yang besar seringkali sulit bagi kita. Ambillah langkah kecil dan buatlah keputusan kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa percaya diri. Setelah kamu dapat mengerjakan sesuatu yang kecil dengan baik, maka kamu dapat membidik sesuatu yang lebih besar. Seperti kata Confucius, sebuah perjalanan ribuan mil harus dimulai dengan langkah pertama.

7. Live your own life

Hidup ini adalah hidupmu. Bukan hidup orang tuamu, bukan hidup sahabatmu, bukan hidup pasanganmu. Hidup bukanlah seperti baju berukuran ‘all size’ atau ‘one size fits all’. Tidak semua orang akan setuju dengan bagaimana cara kamu hidup. Jika kamu hidup hanya untuk menyenangkan orang lain, kamu akan seperti anjing yang berusaha mengejar ekornya sendiri.

8. Hadapi ketakutanmu dan belajarlah dari kegagalan

Dalam hidup, rasa takut dan kegagalan adalah sesuatu yang saling berhubungan. Suatu kegagalan seringkali akan menimbulkan rasa takut untuk melakukan hal atau pekerjaan yang sama. Tetapi tahukah kamu bahwa kita disebut gagal apabila kita sudah berhenti berusaha? Seperti kata Einstein, orang yang tidak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tidak pernah mencoba hal yang baru. Saat sesuatu tidak berjalan sesuai yang kita inginkan, selalu ada sesuatu yang bisa kita pelajari dari situ, yang kemudian bisa kita aplikasikan dalam usaha kita selanjutnya. Bahkan apabila kamu kreatif, kesalahan bisa menjadi berkah bagi diri sendiri dan orang lain. Contoh:

Tulislah kesalahan-kesalahanmu dan bagaimana kamu belajar dari situ, lalu kumpulkanlah, maka itu bisa menjadi buku perjalanan kisah hidupmu. Selamat, kamu baru saja menjadi seorang penulis.
Ceritakan kesalahan-kesalahanmu itu pada orang lain, dan ajarkanlah mereka bagaimana cara untuk mengatasinya. Selamat, kamu baru saja menjadi seorang pembicara atau motivator.

9. Hindari orang-orang negatif

Berada di sekitar orang-orang yang berpikiran negatif dan bergaul dengan mereka akan membuat terbawa arus yang sama. Ada kecenderungan bahwa ‘misery needs company’. Orang yang berpikiran negatif malah cenderung bergaul akrab dengan orang yang berpikiran sama karena mereka merasa nyaman disana. Padahal, tanpa mereka sadari mereka sedang menuju jurang bersama-sama. Hindari orang-orang seperti ini apabila kamu ingin meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

10. Hargai keberhasilan yang kamu dapat

Apapun keberhasilan yang kamu dapat, hargai itu. Keberhasilan yang kecil, meskipun tidak terlalu signifikan, merupakan suatu perkembangan yang positif. Rayakanlah dan jadikanlah momen itu sebagai pemacu semangatmu untuk berkembang lebih baik lagi.

Itulah 10 langkah untuk meningkatkan percaya diri dan penghargaan terhadap diri.

50 Keistimewaan seorang wanita

1. Doa wanita lebih maqbul daripada lelaki kerana sifat
penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada
Rasulallah s.a.w. akan hal tersebut, jawab baginda: “Ibu lebih
penyayang daripada bapa dan doa orang yang penyayang tidak
akan sia-sia.”
2. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1,000 orang
lelaki yang tidak soleh.
3. Seorang wanita solehah adalah lebih baik daripada 70 orang
wali.
4. Seorang wanita solehah adalah lebih baik daripada 70 lelaki
soleh.
5. Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya,
darjatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana
takutkan Allah s.w.t. dan orang yang takutkan Allah s.w.t. akan
diharamkan api neraka ke atas tubuhnya. 6. Barang siapa yang
membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu
diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti
bersedakah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada
anak lelaki. Maka barangsiapa yang menyukakan anak
perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail a.s.
7. Tidaklah seorang wanita yang haidh itu, kecuali haidhnya
merupakan kifarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu,
dan apabila pada hari pertama haidhnya membaca
“Alhamdulillahi’ alaa Kulli Halin Wa Astaghfirullah Segala puji
bagi Allah dalam segala keadaan dan aku mohon ampun kepada
Allah dari segala dosa.”; maka Allah menetapkan dia bebas dari
neraka dan dengan mudah melalui shiratul mustaqim yang aman
dari seksa, bahkan AllahTa’ala mengangkatnya ke atas darjat,
seperti darjatnya 40 orang mati syahid, apabila dia selalu berzikir
kepada Allah selama haidhnya.
8. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal
bersama aku (Rasulullah s.a.w.) di dalam syurga.
9. Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga
saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara
perempuan, lalu dia bersikap ehsan dalam pergaulan dengan
mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa taqwa serta
bertanggung jawab, maka baginya adala syurga.
10. Daripada Aisyah r.ha. “Barang siapa yang diuji dengan
sesuatu daripada anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik
kepada mereka, maka merekaakan menjadi penghalang baginya
daripada api neraka.”
11. Syurga itu di bawah telapak kaki ibu.
12. Apabila memanggil akan engkau dua orang ibu bapamu,
maka jawablah panggilan ibumu dahulu.
13. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
14. Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut,
burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan,
semuanya beristighfar baginya selama mana dia taat kepada
suaminya dan meredhainya (serta menjaga sembahyang dan
puasanya).
15. Aisyah r.ha. berkata “Aku bertanya kepada Rasulullah s.a.w.
siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita ?” Jawab
baginda, “Suaminya” “Siapa pula berhak terhadap lelaki ?” Jawab
Rasulullah s.a.w. “Ibunya”.
16. Seorang wanita yang apabila mengerjakan solat lima waktu,
berpuasa wajib sebulan (Ramadhan), memelihara kehormatannya
serta taat kepada suaminya, maka pasti akan masuk syurga dari
pintu mana saja yang dia kehendaki.
17. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan
agama, maka Allah s.w.t. memasukkan dia ke dalam syurga lebih
dahulu daripada suaminya(10,000 tahun).
18. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam
rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah
s.w.t.mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan
menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
19. Dua rakaat solat dari wanita yang hamil adalah lebih baik
daripada 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil.
20. Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang
hari.
21. Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadat pada malam
hari.
22. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin,
maka Allah s.w.t. mencatatkan baginya pahala orang yang
berjihad pada jalan Allah s.w.t.
23. Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun solat
dan puasa dan setiap kesakitan pada satu uratnya Allah
mengurniakan satu pahala haji.
24. Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia
daripada dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.
25. Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari selepas bersalin,
dia akan dikira sebagai mati syahid.
26. Wanita yang memberi minum susu kepada anaknya daripada badannya (susu badan) akan dapat satu pahala daripada tiap-tiap titik susu yang diberikannya.
27. Jika wanita menyusui anaknya sampai cukup tempo (2 1/2
tahun), maka malaikat-malaikat di langit akan khabarkan berita
bahawa syurga wajib baginya.
28. Jika wanita memberi susu badannya kepada anaknya yang
menangis, Allah akan memberi pahala satu tahun solat dan
puasa.
29. Wanita yang habiskan malamnya dengan tidur yang tidak
selesa kerana menjaga anaknya yang sakit akan mendapat
pahala seperti membebaskan 20 orang hamba.
30. Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari karena menjaga anak yang sakit akan diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan bila dia hiburkan hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadat.
31. Apabila seorang wanita mencucikan pakaian suaminya, maka
Allah mencatatkan baginya seribu kebaikan, dan mengampuni
dua ribu kesalahannya, bahkan segala sesuatu yang disinari sang
suria akan meminta keampunan baginya, dan Allah
mengangkatkannya seribu darjat untuknya.
32. Seorang wanita yang solehah lebih baik daripada seribu orang
lelaki yang tidak soleh, dan seorang wanita yang melayani
suaminya selama seminggu, maka ditutupkan baginya tujuh pintu
neraka dan dibukakan baginyade lapan pintu syurga, yang dia
dapat masuk dari pintu mana saja tanpa dihisab.
33. Mana-mana wanita yang menunggu suaminya hingga
pulanglah ia, disapukan mukanya, dihamparkan duduknya atau
menyediakan makan minumnya atau merenung ia pada suaminya
atau memegang tangannya, memperelokkan hidangan
padanya,memelihara anaknya atau memanfaatkan hartanya pada
suaminya kerana
mencari keredhaan Allah, maka disunatkan baginya akan tiap-tiap
kalimah ucapannya,tiap- tiap langkahnya dan setiap renungannya
pada suaminya sebagaimana memerdekakan seorang hamba.
Pada hari Qiamat kelak, Allah kurniakan Nur hingga
tercengang wanita mukmin semuanya atas kurniaan rahmat itu.
Tiada seorang pun yang sampai ke mertabat itu melainkan Nabi-
nabi.
34. Tidakkan putus ganjaran dari Allah kepada seorang isteri yang
siang dan malamnya
menggembirakan suaminya.
35. Wanita yang melihat suaminya dengan kasih sayang dan
suaminya melihat isterinya dengan kasih sayang akan di pandang
Allah dengan penuh rahmat.
36. Jika wanita melayan suami tanpa khianat akan mendapat
pahala 12 tahun solat.
37. Wanita yang melayan dengan baik suami yang pulang ke
rumah di dalam keadaan letih akan medapat pahala jihad.
38. Jika wanita memicit suami tanpa disuruh akan mendapat
pahala 7 tola emas dan jika wanita memicit suami bila disuruh
akan mendapat pahala tola perak.
39. Dari Hazrat Muaz : Mana-mana wanita yang berdiri atas dua
kakinya membakar roti untuk suaminya hingga muka dan
tangannya kepanasan oleh api,maka diharamkan muka dan
tangannya dari bakaran api neraka.
40. Thabit Al Banani berkata: Seorang wanita dari Bani Israel yang
buta sebelah matanya sangat baik khidmatnya kepada suaminya.
Apabila ia menghidangkan makanan dihadapan suaminya,
dipegangnya pelita sehingga suaminya selesai makan. Pada suatu
malam pelitanya kehabisan sumbu, maka diambilnya rambutnya
dijadikan sumbu pelita.
Pada keesokkannya matanya yang buta telah celik. Allah
kurniakan keramat (kemuliaan pada perempuan itu kerana
memuliakan dan menghormati suaminya).
41. Pada suatu ketika di Madinah, Rasulullah s.a.w. keluar
mengiringi jenazah. Baginda dapati beberapa orang wanita dalam
majlis itu. Baginda lalu bertanya, “Adakah kamu
menyembahyangkan mayat ?” Jawab mereka,”Tidak” Sabda
Baginda, “Seeloknya kamu sekalian tidak perlu ziarah dan tidak
ada pahala bagi kamu. Tetapi tinggallah di rumah dan berkhidmatlah kepada suami nIscaya pahalanya sama dengan ibadat-ibadat orang lelaki.
42. Wanita yang memerah susu binatang dengan ‘Bismillah’ akan
didoakan oleh binatang itu dengan doa keberkatan.
43. Wanita yang menguli tepung gandum dengan Bismillah’, Allah
akan berkatkan rezekinya.
44. Wanita yang menyapu lantai dengan berzikir akan mendapat
pahala seperti meyapu lantai di Baitullah.
45. “Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang mengeluarkan
peluh ketika membuat roti, Allah akan mebinakan 7 parit diantara
dirinya dengan api neraka, jarak diantara parit itu ialah sejauh
langit dan bumi.”
46. “Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang memintal benang,
Allah akan mencatatkan untuknya perbuatan baik sebanyak utus
benang yang dibuat dan memadamkan seratus perbuatan jahat.”
47. “Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang menganyam akan
benang dibuatnya, Allah telah menentukan satu tempat khas
untuknya di atas takhta di hari akhirat.”
48. “Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang meminyakkan
rambut anaknya, menyikatnya, mencuci pakaian mereka dan
mencuci akan diri anaknya itu, Allah akan mencatatkan untuknya
pekerjaan baik sebanyak helai rambut mereka dan memadamkan
sebanyak itu pula pekerjaan jahat dan menjadikan dirinya
kelihatan berseri di mata orang-orang yang memerhatikannya. ”
50. Sabda Nabi s.a.w.: “Ya Fatimah barang mana wanita
meminyakkan rambut dan janggut suaminya, memotong misai
dan mengerat kukunya, Allah akan memberi minum akan dia dari
sungai sungai serta diringankan Allah baginya sakaratul maut dan
akan didapatinya kuburnya menjadi sebuah taman daripada
taman- taman syurga dan dicatatkan Allah baginya kelepasan dari
api neraka dan selamatlah ia melintas Titian Shirat.”
Begitu istimewanya seorang yang bernama wanita

Membuat Cowok Jatuh Cinta

  • Jadilah cewek yang mudah didekati

Maksudnya disini adalah jadi cewek jangan sok jual mahal (tapi juga jangan jadi cewek murahan). Jikalau anda didekati oleh cowok jangan jutek-jutek. Entar para cowok akan lari semua. Selalu ingat bahwa jumlah cewek lebih banyak daripada cowok jadi kalau anda terlalu sombong bisa-bisa anda kehabisan cowok alias jadi perawan tua.

  • Jangan Dandan berlebihan

Kalo masalah yang satu ini perlu diperhatikan benar. Soalnya jika tidak bisa fatal. Kenapa ? karena jika anda keluar malam dan anda pake make up berlebihan dan berjalan-jalan di jalanan pastinya anda akan disebut cewek bispak:-SS:-SS. Niatnya cari cowok dan gebetan tapi malah ketangkep satpol PP, kan lucu juga namanya.

  • Jadilah Cewek yang Berselera Humor

Ini dari pengalaman saya di sekolah saja. Ada salah satu teman saya cewek yang galak dan juga mukanya tidak pernah dihiasi senyuman alias cemberut terus. Bukan hanya cowok ga jatuh cinta sama dia. Tapi cowok-cowok temenan sama dia aja mikir. Karena udah muka cemberut terus, ga ada selera humornya sama sekali trus abis gitu galak lagi waduh gawat bener tuh.

  • Tampilkanlah Kecantikan Anda dari Dalam Hati dan perilaku anda.

Nah ini juga salah satu unsur terpenting bagi wanita atau cewek di seluruh nusantara. Cewek cantik, cewek manis, bahkan cewek hot mudah banget dicari. Tapi cewek yang baik hati dan juga cantik mukanya dicari sulit sekali. Seperti cari jarum dalam jerami.

10 Tips Cara Membuat Cewek jatuh Cinta

 

1. Sebagai cowok kita harus Gentle dan Jujur ( kalo aq jujurnya udah Gentle nya belom)
2. Tak Banyak Menilai Cewek. ( Waduh kayak ulangan fisika,matematika,kimia ??? nilaiku jelek-jelek)

3. Tidak mengikat. (mengikat apa yah ini maksudnya ?? ga cemburuan kali yah ??? ato ga membatasi pergaulan dia ??? tapi kalo direbut cowok lain gimana ??? )

4. Dengarkan bila dia cerita. (Asal Jangan cerita si kancil nyolong timun aja :) )

5. Banyak Senyum. (Wah Smiley terus nih aq pasang muka cakep terus deh :) )

6. Jadi Yang Terbaik ( Bukannya nobody perfect ??? apalagi aku banyak kekurangan mana bisa jadi terbaik ??? )

7. Tidak memaksa
maksudnya ini tidak memaksa diri kita cepe-cepet nembak cewek target kita.Usahakan kita sabar nunggu waktu yang tepat (Wah aq banget nih tapi sayangnya waktu udah tepat ga juga ditembak :( dibawa lari orang dah tu cewek. Semoga saja tidak yah yang skarang ini )

8. Jual Mahal Sedikit
Ada hubungannya dengan sama no 7 kita.Meskipun kita tahu dia suka kita tapi agak jaim dikit lah jangan asal sruduk aja. (Aq terlalu jaim jadi cewek-cewek pada lari tolong !!!!!!!!!!!!!!!!!! yang ini jangan lari dulu yah :) entar deh tunggu tanggal penyerudukanmu hahaha2X )

9. Biarkan Dia Menebak-Nebak
Maksudnya biar dia nebak kita suka ama mereka ga yah ?? (Wadah aq selalu salah tebak terus dikiranya suka ternyata nganggap teman doang :( .Klo cewek biasanya udah tahu kita suka tapi diem aja pokoknya cinta pertama banget deh alias Sunny …..Sunny …… Kalo dah gitu nangis deh :( )

10. Jangan Terlalu Akrab
Maksudnya jangan sampai kamu dianggap teman oleh cewek itu. ( wah aq ga setuju nih soalnya tak kenal maka tak sayang.Yah jadi temennya aja aq dah senang asal jangan sampai dia punya pacar dan aq jadi curhatan tentang pacar dia :( sedih banget deh klo dah gitu)