10 Cara Meningkatkan Percaya Diri dan Penghargaan Terhadap Diri

Bisa menghargai diri adalah langkah awal bagi kita untuk memupuk rasa percaya diri. Penghargaan diri sendiri yang rendah dapat membuat kita tidak percaya diri, merasa diri kita kecil, dan seumur hidup kita diliputi oleh rasa takut terhadap sesuatu. Berikut ini adalah 10 cara untuk meningkatkan percaya diri dan penghargaan terhadap diri:

1. Menerima diri sendiri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Inilah yang harus kita terima untuk bisa menghargai diri sendiri. Fokuslah pada apa yang menjadi kelebihanmu sekaligus berusaha memperbaiki kekurangan yang ada. Selain itu, manusia harus bisa berteman baik dengan ketidaksempurnaan. Lihatlah dan cintailah ketidaksempurnaanmu secara sempurna. Contoh: daripada terus mengeluh karena memiliki tubuh yang tidak sempurna, wajah yang tidak tampan, atau keluarga yang tidak utuh, manfaatkan waktu kita untuk berusaha menjadi orang sukses dan buktikan pada dunia bahwa ketidaksempurnaan adalah kekuatan.

2. Tubuh sehat – Jiwa sehat

Sebuah kutipan Latin yang terkenal berkata, “Mens sana in corpore sano”, yang berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.” Hargailah tubuhmu dengan rajin berolahraga dan makan-makanan sehat. Dengan memiliki tubuh yang sehat kamu dapat berpikir dengan jernih, dapat membuat keputusan dengan baik, dan membuatmu merasa lebih hidup.

3. Jadilah seperti yang kamu inginkan

Pikirkanlah sejak awal tentang cita-cita dan masa depanmu. Banyak orang hidup dengan berharap sesuatu akan datang begitu saja dan akhirnya mereka tidak mendapatkan apa-apa. Ubahlah pola pikir seperti ini dengan berusaha menjadi seperti yang kamu inginkan dan melakukan segala hal yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

4. Tidak memperdulikan perkataan negatif dari orang lain

Dalam hidup kamu akan sering sekali mendengar perkataan negatif dari orang lain. Apalagi, ketika kamu melakukan atau mengerjakan sesuatu yang tidak lazim dilakukan oleh orang lain, mereka akan sering menghina dan mengejekmu. Saat kamu mendengarkan perkataan-perkataan negatif itu, maka kepercayaan dirimu sedikit demi sedikit akan hilang dan akhirnya kamu merasa dirimu tidak berharga. Jika kamu meyakini apa yang kamu lakukan benar, tidak usah dengarkan mereka, lakukanlah!

5. Peka terhadap kritik yang membangun

Perkataan negatif tidak sama dengan kritik. Perkataan negatif memiliki tujuan untuk menghina dan menjatuhkan, sedangkan kritik memiliki tujuan untuk membuatmu semakin berkembang. Ketika kamu menerima sebuah kritik, nilailah kritik itu. Apabila kamu merasa kritik tersebut berguna, maka gunakanlah itu sebagai sesuatu untuk mengembangkan dirimu lebih jauh lagi.

6. Mulailah dari hal yang kecil

Memulai suatu perubahan yang signifikan atau memulai suatu tujuan yang besar seringkali sulit bagi kita. Ambillah langkah kecil dan buatlah keputusan kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa percaya diri. Setelah kamu dapat mengerjakan sesuatu yang kecil dengan baik, maka kamu dapat membidik sesuatu yang lebih besar. Seperti kata Confucius, sebuah perjalanan ribuan mil harus dimulai dengan langkah pertama.

7. Live your own life

Hidup ini adalah hidupmu. Bukan hidup orang tuamu, bukan hidup sahabatmu, bukan hidup pasanganmu. Hidup bukanlah seperti baju berukuran ‘all size’ atau ‘one size fits all’. Tidak semua orang akan setuju dengan bagaimana cara kamu hidup. Jika kamu hidup hanya untuk menyenangkan orang lain, kamu akan seperti anjing yang berusaha mengejar ekornya sendiri.

8. Hadapi ketakutanmu dan belajarlah dari kegagalan

Dalam hidup, rasa takut dan kegagalan adalah sesuatu yang saling berhubungan. Suatu kegagalan seringkali akan menimbulkan rasa takut untuk melakukan hal atau pekerjaan yang sama. Tetapi tahukah kamu bahwa kita disebut gagal apabila kita sudah berhenti berusaha? Seperti kata Einstein, orang yang tidak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tidak pernah mencoba hal yang baru. Saat sesuatu tidak berjalan sesuai yang kita inginkan, selalu ada sesuatu yang bisa kita pelajari dari situ, yang kemudian bisa kita aplikasikan dalam usaha kita selanjutnya. Bahkan apabila kamu kreatif, kesalahan bisa menjadi berkah bagi diri sendiri dan orang lain. Contoh:

Tulislah kesalahan-kesalahanmu dan bagaimana kamu belajar dari situ, lalu kumpulkanlah, maka itu bisa menjadi buku perjalanan kisah hidupmu. Selamat, kamu baru saja menjadi seorang penulis.
Ceritakan kesalahan-kesalahanmu itu pada orang lain, dan ajarkanlah mereka bagaimana cara untuk mengatasinya. Selamat, kamu baru saja menjadi seorang pembicara atau motivator.

9. Hindari orang-orang negatif

Berada di sekitar orang-orang yang berpikiran negatif dan bergaul dengan mereka akan membuat terbawa arus yang sama. Ada kecenderungan bahwa ‘misery needs company’. Orang yang berpikiran negatif malah cenderung bergaul akrab dengan orang yang berpikiran sama karena mereka merasa nyaman disana. Padahal, tanpa mereka sadari mereka sedang menuju jurang bersama-sama. Hindari orang-orang seperti ini apabila kamu ingin meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

10. Hargai keberhasilan yang kamu dapat

Apapun keberhasilan yang kamu dapat, hargai itu. Keberhasilan yang kecil, meskipun tidak terlalu signifikan, merupakan suatu perkembangan yang positif. Rayakanlah dan jadikanlah momen itu sebagai pemacu semangatmu untuk berkembang lebih baik lagi.

Itulah 10 langkah untuk meningkatkan percaya diri dan penghargaan terhadap diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s