Trik membeli rumah bekas dengan cara KPR

Cepat memiliki rumah adalah idaman bagi pasangan muda, banyak hal yang melatar belakangi sesorang orang sulit memiliki rumah, salah satunya adalah besarnya tabungan.  Pertanyaannya adalah bagaimana cara seorang “karyawan” memiliki rumah bila tabungannya kecil atau sama sekali tidak memiliki tabungan? salah satunya adalah dengan cara KPR :)
Begini langkah2nya :)

Misalnya, bila anda or sampeyan or ente or panjenengan tidak memiliki tabungan sama sekali

Langkah ke 1 : Cari lokasi rumah

1. Cari rumah second or bekas yang harganya terjangkau
2. Cari empunya rumah or pemiliki rumah, negosiasi harga trus negosiasi cara pembayaran… apakah bisa di KPR kan? bila tidak bisa di KPR kan? tinggalkan saja cari yang boleh di KPR kan.
3.  Apakah rumah yang akan di beli memiliki surat2 lengkap, bila tidak? tinggalkan

Langkah ke 2 : Penuhi persyaratan  individu

1. Siapkan slip gaji (bisa di mark-up) asal harus di kondisikan dengan teman kerja or pimpinan. Biasanya pihak Bank hanya menyetujui 30% – 40% dari besarnya gaji. Upss hampir lupa…. itu di analogikan bila andan or sampeyan or ente or panjenengan tidak memiliki hutang di tempat lain (yg dapat terdeteksi di BI). misal: cicilan kendaraan, kartu kredit dll dst etc

2. Siapkan identitas diri, KTP, KK, (persyaratan bank)

3. Siapkan surat keterangan karyawan. Bank hanya akan menyetujui bila saudara, sampeyan or ente telah bekerja pada perusahaan lebih dari dua tahun. bila masa kerja kurang dari dua tahun? jangan panik :) , minta si boss or juragan or manager  untuk membuatkan surat keterangan bahwa anda telah bekerja lebih dua tahun, misal : masa kerja 3 or 4 tahun.

Langkah ke 3: Bank

1. Bank akan menyetujui KPR anda bila, besarnya DP or uang muka anda 20% dari dari harga rumah, lho tadi katanya untuk yang tidak punya DP? sabar-sabar :) , dalam hal ini harus ada kedekatan antara penjual dan pembeli, kita dapat melakukan kong kali kong (bukan king kong lho) or  konspirasi dengan pihak penjual bahwa kita telah membayar sebesar 20% sebagai DP.

lho terus, gimana bayarnya 20% nya bila nantinya di ACC ama Bank?, begini sobat,  misalnya harga rumah 80 juta, dalam pengajuan kredit kita mengajukan pinjaman 90 jt, dengan klausal bahwa harga rumah sebesar 120 jt. dengan demikian seakan2 pembeli telah membayar penjual or memberi DP sebesar 30 jt.

Dengan demikian bila di ACC Bank sebesar 90 jt, kita akan mendapatkan kelebihan bayar dari bank sebesar 10jt? kelebihan bayar?, iya. kan rumah harga 80 jt kemudian kita ngajukan 90 jt, berarti bank mencairkan dana sebesar 90 juta ke penjual. so uang selisih tersebut akan kita minta ke penjual (bukannya dari awal sudah ada konsipirasi).

langkah ke 4: Realisasi bank

Uang kembalian 10 juta penjual dapat digunakan untuk realisasi bank, yang besarnya sekitar 6-8 jt. tergantung dari nilai NJOP dll dsb etc.

setelah itu, rumah yang anda idam2kan sudah anda dapatkan… bayar bulanan untuk kreditnya? itu sampeyan or anda or panjenengan pikir sendiri ya hehehehe

====== bentar2 hampir lupa=== masih ada yang perlu di ingat!!!!===

1. Saat appresial (pihak bank melihat kelayakan rumah), jangan lupa di temenin ya, yah buatin jamuan kecil2an lah… kl dia merokok beliin rokok, minum es teh, makanan ringan, kl terpaksa sedikit di kasih sangu or diamplopin agar memudahkan urusan tersebut :) .

2. Jangan lupa,  print or cetak semua dokumen pribadi ( slip gaji, surat keterangan kerja) kemudian taruh di kantor sehingga bila pihak bank nantinya melakukan verifikasi data anda pihak perusahaan tidak kelabakan. (bila datanya hasil mark up)

3. Bila mengajukan KPR jangan hanya ke satu Bank ya, langsung aja ke 3 bank, misalnya : BNI, Mandiri syariah, dan BTN. bila salah satu gagal  masih ada yang laennya. or bila salah satu dah berhasil maka yang laen di gagalkan :)

Sobat demikian yang dapat saya informasikan, bila ada yang salah mohon koreksinya ya sob.

 

2 responses to “Trik membeli rumah bekas dengan cara KPR

  1. Pak, kalau saldo tabungan saya setiap gajian langsung tarik habis gimana apa mempengaruhi persetujuan Bank? selain itu gaji juga tiap bulan yg ditranfer hanya separo dari slip gaji karena di murk up..terimakasih.

    • Saudara harus memperbaiki Catatan Rekening Bank yang Saudara miliki, setidaknya 3 bulan berturut-turut,kalaupun harus diambil kembali, setidaknya sisakan di rekening saudara 30-40% dari seluruh gaji yang tertera di slip gaji yang di ajukan. mudah – mudahan Saudara tidak puas dengan jawabannya.. terima kasih comment nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s